Thursday, August 25, 2016

Bahaya Virus Nimda Bagi Sistem Operasi Windows

Pengertian Virus :
Virus komputer merupakan sebuah software yang pada awalnya digunakan untuk maksud baik, yaitu menginfeksi komputer seseorang yang menggunakan program secara ilegal. Namun seiring perkembangannya waktu, penyalahgunaan dari virus komputer semakin banyak sehingga virus komputer sekarang sudah menjadi tren yang cukup populer. Semua komputer yang ada sekarang perlu dilengkapi dengan software anti-virus jika ingin tetap aman. Contoh virus yang pernah menjadi virus yang sangat berbahaya adalah Nimda (Kebalikan dari admin). 

Sejarah Virus Nimda :
Virus lain untuk menghebohkan Internet pada tahun 2001 adalah Nimda (Admin dieja terbalik). Nimda menyebar melalui Internet dengan cepat, menjadi yang tercepat menyebarkan virus komputer pada waktu itu. Bahkan, hanya butuh 22 menit dari saat Nimda menghantam Internet untuk mencapai puncak daftar serangan yang dilaporkan.
Target utama Nimda adalah server Internet. Tapi juga bisa menginfeksi PC biasa, tujuan sebenarnya adalah untuk memacetkan jaringan internet. Bisa menyebar melalui Internet menggunakan beberapa metode, termasuk e-mail yang membantu menyebarkan virus ini di beberapa server dalam waktu singkat.
Nimda menciptakan backdoor ke dalam sistem operasi korban yang memungkinkan orang di balik serangan untuk mengakses tingkat yang sama seperti akun yang aktif pada komputer saat ini. Dengan kata lain, jika pengguna dengan hak akses admin mengaktifkan worm tersebut pada komputer, penyerang akan juga memiliki akses admin tak terbatas ke komputer.





Pengertian Virus Nimda :
Nimda adalah sebuah virus berjenis worm. Nimda Pertama kali muncul pada 18 september 2001dan hanya butuh 22 menit untuk menjadi virus yang paling cepat menyebar di dunia. Nimda menyerang komputer klien yang menggunakan OS windows 95, 98, Me, NT, 2000 dan XP sedangkan untuk komputer server, yang menggunakan Windows NT dan 2000.

Serangan Virus :
Virus ini akan membuat kecepatan internet turun begitu virus ini mengalir melalui internet. Virus ini akan menyerang prosesor sehingga kecepatan kerja dari sebuah komputer juga menurun. Virus ini lebih mementingkan penghilangan waktu daripada merusak sebuah file atau menyebabkan kerusakan lain yang dikenal dengan sebuah istilah denial of service.

Penyebaran  Virus:
  1. Ketika seseorang membuka sebuah web page yang terinfeksi oleh virus ini dengan menggunakan internet explorer dengan versi 5.01 atau ke bawah, maka virus ini akan membuat komputer tersebut otomatis mendownload sebuah file javascript yang membuat virus tersebut masuk ke komputer korban.
  2. Virus ini juga menyebar melalui koneksi internal seperti network sharing.
  3. Virus ini bisa juga menyebar dengan e-mail yang dikirimkan terhadap seseorang. Nimda akan mengirim e-mail kosong dengan subjek atau judul yang unik agar seseorang membukanya dan mendownload readme.exe atau readme.eml yang bisa dijalankan. Penggunaan .eml ini untuk mengecoh sistem pengamanan di microsoft internet explorer 5



Pencegahan Virus :
  1. Untuk menghilangkan virus ini, cara terbaik adalah dengan memutuskan hubungan komputer yang terinfeksi dengan komputer lain, kemudian memakai anti virus yang sudah di update atau symantec virus removal tool untuk menghilangkan virus tersebut.
  2. Virus ini juga bisa menyebar membuka web page yang sudah terinfeksi, untuk memperbaikinya, kita harus mendownload patch microsoft internet explorer 5.01 dan 5.5.



No comments:

Post a Comment